cover
Contact Name
adi santoso
Contact Email
adisantoso@umpo.ac.id
Phone
+6282234441600
Journal Mail Official
edumediasolution@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sidomulyo, RT/ 03 RW/01 Desa Babadan, Kecamatan Babadan, Kab. Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia, 63491
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 2827878X     DOI : -
Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Edumedia Solution adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat meliputi hasil-hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat, artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru, atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada dimuat di Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat maupun dalam terbitan berkala ilmiah lainnya. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit 6 (enam) kali setahun, setiap bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, dan November. Artikel yang telah publish dapat didownload secara gratis, dibaca dan disebarluaskan sebagai rujukan artikel selanjutnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2022): Maret" : 10 Documents clear
Pendampingan dan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Desa Tangguh Bencana Sebagai Upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Berbasis Masyarakat Di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang Saiman Saiman; Yana S Hijri; Krisno Hadi
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Maret
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1423.844 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i2.79

Abstract

Desa Gajahrejo, Dusun Bajul Mati, Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang merupak bagian selatan di Provinsi Jawa Timur merupakan daerah pesisir pantai yang rawan berpotensi Tsunami, dikarenakan banyak gempa yang terjadi akibat aktifitas tektonik lempeng. Keberadaan desa, kampung dengan masyarakatnya yang tangguh menjadi sangat penting. Desa atau pun kampung tangguh memerlukan sumber daya masyarakat yang tangguh pula. Pemerintah dari tingkat desa sampai dengan pusat tentunya tidak mampu menanggulangi bencana sendiri, meskipun dengan infrastruktur, suprastruktur dan sumberdaya yang dimiliki mumpuni. Keberadaan masyarakat dalam desa/kampung tangguh menjadi elemen penting bersama-sama dengan eleman pemerintah, swasta dalam upaya menanggulangi bencana. Pelibatan masyarakat selain bagian dari pemberdayaan juga sebagai bagaian dari peran partisipasi aktif untuk mengantisipasi bencana dan mengetahui tanda-tanda terjadinya bencana, sehingga masyarakat tidak hanya siap, lebih dari itu sudah sigap (agile) dalam mengahadapi bencana.
Peningkatan Kapasitas SDM Melalui Manajemen Jaringan Usaha Produk Kerajinan Bambu UKM Pring Gedhe Dusun Brajan Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman Agustina Rahmawati; Prasetyo Febriarto; Hanantyo Sri Nugroho
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Maret
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.087 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i2.86

Abstract

Dusun Brajan terletak di wilayah sisi barat Kabupaten Sleman dan  telah dikenal sebagai desa wisata kerajinan bambu. Hampir setiap rumah di Dusun Brajan memang memiliki tanaman bambu. Beberapa outlet souvenir dari kerajinan bambu juga bermunculan di dusun tersebut. Salah satunya yaitu Pring Gedhe yang didirikan oleh Bapak Supardi sejak 13 Maret 2010 silam. Berbagai hasil kerajinan bambu yang dihasilkan seperti tempat nasi, kap lampu, box serbaguna, dan pernak pernik lainnya. Namun, kapasitas produksi masih terbatas karena penggunaan peralatan yang masih sangat sederhana dan pengerjaannya pun manual sehingga membutuhkan waktu penyelesaian yang cukup lama. Pada masa pandemi Covid-19 ini pihaknya menuturkan jika mengalami kemacetan produksi, permintaan pasar pun menurun hingga pelatihan banyak yang dibatalkan. Atas dasar itu, maka diperlukan pelatihan manajemen jaringan usaha bagi UKM untuk memperluas akses pasar. Adapun diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas dan kapasitas sentra bambu Pring Gedhe dalam mendorong kerjasama berbagai pihak untuk membangun jaringan usaha yang semakin luas dengan produk yang berdaya saing sehingga pendapatan masyarakat bertambah. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ceramah dan FGD dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Luaran dari kegiatan ini adalah membantu sentra bambu Pring Gedhe untuk dapat memiliki akses jaringan usaha dalam memasarkan hasil produk mereka.
Pengembangan Kapasitas Mahasiswa Menuju Generasi Unggul di Era 4.0 Ansar Suherman; Herman Lawelai; Nurtang Nurtang; Nabila Salam; Ahmad Muhardin Hadmar
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Maret
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.663 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i2.80

Abstract

The purpose of this community service is to face the Industrial Revolution 4.0, every individual, especially students, seeks to master the talents or skills needed to give birth to a professional workforce that can adapt to current conditions. To be able to adapt to the Industrial Revolution 4.0, a student must have qualities that machines do not have. One example is the ability to solve problems or creativity, and soft skills are very important for a student to have. The result of community service is that students are equipped with competencies such as complex problem solving, critical thinking, creativity, management, coordination with others, emotional intelligence, judgment, and decision making, service orientation, negotiation, and cognitive flexibility needed to meet future developments. In addition, students who already have expertise must continue to improve their abilities, while those who currently have skills but are no longer relevant must immediately adjust their skills to meet current market demands.
Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing UMKM Snack Oleh – Oleh Di Rumah Kreatif BUMN- Telkom Malang Mochamad Aan Sugiharto; Moch Fuad Nasvian; Awan Setia Dharmawan
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Maret
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.853 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i2.90

Abstract

Malang Raya yang terdiri dari Kota Batu, Kota Malang, dan Kabupaten Malang memiliki berbagai macam daya tarik yang mengundang wisatawan selalu ingin datang. Banyaknya wisatawan ke Malang Raya tentu saja diimbangi dengan keberadaan UMKM yang menyediakan oleh-oleh, terutama karena masyarakat Indonesia masih mempersepsikan oleh-oleh harus berupa makanan.Keberadaan Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah. Kondisi ini juga mengharuskan industri pariwisata nasional sempat berhenti di tahun 2020, bahkan di awal tahun 2021 kondisi wisata di Malang Raya belum kembali normal. Kondisi wisatawan yang belum normal otomatis juga mempengaruhi kondisi ekonomi UMKM Malang Raya, terutama dibidang snack oleh-oleh, tanpa ada wisatawan otomatis membuat penjualan mereka menurun.Pandemi Covid-19 di Indonesia memaksa masyarakat untuk memiliki perilaku berbeda, baik secara sosial maupun secara ekonomi. Adanya wabah ini membuat perilaku berbelanja masyarakat Indonesia berubah, online shopping meningkat pesat. Perubahan perilaku konsumen ini belum diiringi dengan kemampuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menyampaikan produk mereka di platform online. Sayangnya untuk dapat menarik perhatian konsumen di pasar online diperlukan pemahaman akan perilaku konsumen yang berbeda, jika di penjualan normal UMKM bisa memberikan tester untuk menarik pembeli, di platform Online mereka harus memberikan visual yang menarik, dan pemahaman ini yang belum banyak disadari oleh UMKM Snack Oleh-oleh Malang Raya.
Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal Asrul Nazar; Fika Ibrahim; Sandita S Naim
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Maret
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i2.81

Abstract

The purpose of this service is to overcome problems and help the community, especially elementary school students who experience obstacles in learning activities at home because learning is done online, help lower class students who do not have access to teaching materials at home, Help borrow learning facilities and media at home, Help ease the burden on parents in educating their children at home. With this service, parents can use gadgets for their children's online learning during the COVID-19 pandemic, elementary school students are helped in providing teaching materials, loan facilities, and learning media, and parents are greatly helped by this service. mentoring activities during the COVID-19 pandemic and in studying at home during the COVID-19 pandemic while still paying attention to health protocols.
Pengembangan Kampung E-Sport Dan UMKM Sebagai Wadah Remaja Produktif Mohamad Bastomi; Moh. Isra Benasmi
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Maret
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.498 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i2.91

Abstract

The Islamic University of Malang (UNISMA) through the Institute for Research and Community Service (LPPM) held a Covid-19 Thematic Undergraduate Service Lecture (KSM). Students become volunteers to respond to the COVID-19 outbreak, which is expected to help the government provide education about Covid-19 to the public to stay alert and implement a healthy lifestyle during the Covid-19 pandemic, as well as ideas for activities while at home. KSM is carried out in the method used, namely online and offline socialization and education about preventing the spread of the Covid-19 virus. The media used are social media such as WhatsApp and Instagram. The results of the activities or programs that have been implemented are that the community realizes the importance of maintaining mental and physical health during the Covid-19 pandemic, providing education about 3M during the Covid-19 pandemic. In addition, to make teenagers productive, an E-Sport village idea was developed that serves as a forum for teenagers to play games professionally.
Seleksi Tertulis Bakal Calon Kepala Desa yang Memenuhi Persyaratan Administrasi di Kabupaten Buton Tahun 2021 Cecep Nuryadin; Hardin Hardin; Indah Kusuma Dewi; Herman Lawelai; Darojatun Andara
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Maret
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.152 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i2.82

Abstract

This community service aims to carry out an analysis and describe the implementation of a written selection of Village Head Candidates Who Meet Administrative Requirements in Buton Regency in 2021. The implementation of community service has been carried out in accordance with the provisions where the selection process is carried out offline. The test is carried out in the form of multiple-choice questions and essays with a total of 40 and 5 questions, respectively. The selection results showed that the participants with the highest score of 5 in each village had the right to be appointed as village head candidates. In addition, community service has been carried out professionally and responsibly in the form of selecting village head candidates. Reliable selection and accountability will result in quality village governance. The existence of a competent village head will result in village progress
Upaya Peningkatan Kualitas Politisi Muda Melalui Pelatihan dan Pendidikan Politik Yayasan SATUNAMA Yogyakarta Firdha Eka Susanti Dianingsih
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Maret
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.712 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i2.87

Abstract

Political education is a form of sign that we are helping to build a better state politics. Political education in politicians is a distribution to prospective leaders who will represent the community. With an unhealthy political image in Indonesia, it starts with the number of corruption figures revealed by government officials. Ignorance and generally a "return on investment" culture for politicians to recover political costs during the election period and carried out brutally while in office. Others, culture and people's knowledge in choosing leaders that are not based on actual abilities, such as choosing politicians who use money to buy votes during elections. Therefore, the Yogyakarta SATUNAMA Foundation seeks to give birth to civilized politics by providing education and education to politicians, namely the Young Politician School, so that they use a clean approach in an effort to achieve victory when running until the voting period. This education has a curriculum that designs participants until they graduate to be able to focus on development and the interests of the community so that the initial capital needed is not only with money, social capital and knowledge are the main ones. With the internship activities and outcomes regarding programs and activities during the internship, it can be used as teaching materials and information that can be absorbed by readers.
Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ispring Presenter Berbasis HTML 5 Nur Indah Rahmawati; Fertilia Ikashaum; Sri Wahyuni; Edo Dwi Cahyo
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Maret
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.747 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i2.75

Abstract

The use of technology-based learning media is a common thing to be developed during the pandemic. This learning media must be able to accommodate the needs of students from the cognitive side and the side of student motivation in learning. The implementation of interesting learning is the key for teachers and students so they don't get bored in the routine of learning from home. Therefore, training on making interactive media for teachers at SD MI Banjarsari Metro Utara is very necessary. This activity uses the ABCD approach. The results of this activity are interactive learning media using ispring presenters that are ready to use and can be accessed from any mobile device using HTLM 5 technology.
Optimalisasi Pelayanan Administrasi Melalui Tata Kelola Kearsipan Kantor Kapanewon Tempel Clara Riska Agustina
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Maret
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.921 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i2.84

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil kegiatan magang yang bertujuan untuk mengetahui dan membantu dalam optimalisasi dalam pengelolaan arsip di kantor Kapanewon Tempel. Adapun, luarn dari kegiatan ini adalah membantu Kantor Kapanewon Tempel untuk pengelolaan kearsipan melalui optimalisasi tata kelola kearsipan. Dalam pelaksanaan magang ini, yang berperan sebagai mitra adalah salah satu instansi pemerintah yaitu Kapanewon Tempel bagian Sekretariat (Subbagian Umum dan Kepegawaian) Kapanewon Tempel. Kapanewon Tempel merupakan salah satu kantor pemerintahan yang melayani kepentingan umum yang tidak akan lepas dari kegiatan kearsipan. Observasi yang dilakukan di Kantor Kapanewon Tempel menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pengelolaan arsip kantor tersebut masih belum sepenuhnya melaksanakan pengelolaan arsip secara maksimal disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor itu antara lain keterbatasan biaya untuk pengadaan fasilitas pengelolaan arsip. Arsip pada Kantor Kapanewon Tempel masih dalam keadaan kurang tertata karena kurangnya peralatan atau fasilitas untuk pengelolaan arsip. Kurangnya Sumber Daya Manusia, terbatasnya tenaga, ruangan terbatas, dan sarana yang kurang. Hal ini perlu mendapat solusi yang tepat agar pengelolaan arsip menjadi lebih baik, yaitu dengan penambahan fasilitas atau sarana prasarana dan pengusulan tenaga kerja baru seperti dengan upaya mengatasi hambatan yang terjadi dalam pengelolaan arsip yang berkaitan dengan penciptaan, penggunaan, pemeliharaan, dan penyusutan terhadap pengelolaan arsip.

Page 1 of 1 | Total Record : 10